JUDUL BUKU : MEDIA INSTRUKSIONAL IPS
PENULIS : NY. DIENTJE BORMAN RUMAMPUK
PENERBIT : P2LPTK
TAHUN TERBIT : 1988
Media adalah kata jamak dari medium yang dalam arti umum dipakai untuk menunjukkan alat komunikasi. Media berasal dari kata medium, artinya antara.
Media pendidikan adalah media yang penggunaannya diinteregasikan dengan tujuan dan isi pengajaran yang biasanya sudah dituangkan dalam Garis Garis Besar Program Pengajaran (GBPP) dan dimaksudkan untuk mempertinggi mutu kegiatan belajar mengajar. (Santoso S. Hamidjojo)
Media instruksional adalah setiap alat yang dipergunakan sebagai media komunikasi yang tujuannya untuk meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar.
Educational Techonology (teknologi pendidikan) mempunyai arti sebagai perluasan konsep tentang media, di mana teknologi bukan sekedar benda, alat, bahan atau perkakas, tetapi tersimpul pula sikap perbuatan, organisasi dan manajemen, yang berhubungan dengan peneterapan ilmu dan teknologi dalam pendidikan. (Santoso S. Hamidjojo)
Technology in Education (teknologi dalam pendidikan) adalah pemanfaatan teknologi untuk setiap proses pendidikan.
Fungsi media:
· Membangkitkan motivasi belajar
· Membuat konsep anstrak menjadi konkrit
· Mengatasi batas-batas ruang kelas
· Mengatasi perbedaan pengalaman pribadi murid
· Menampilkan objek yang terlalu kecil
· Menggantikan penampilan objek yang berbahaya
· Menyajikan informasi secara konsisten
· Menyajikan pesan secara serempak
· Menyajikan benda atau peristiwa dari masa lampau
· Mengatasi pengamatan objek yang sangat kompleks
· Mengatasi penampilan objek yang terlalu cepat
· Mengatasi objek jika terlalu lambat gerakannya
Prinsip pemilihan media:
· Tujuan memilih media
· Pemilihan media harus objektif
· Tiap-tiap media memiliki kekurangan
· Disesuaikan dengan metode mengajar
· Mengenal cirri-ciri media
· Disesuaikan dengan kondisi fisik lingkungan
· Didasarkan pada kemampuan
Kriteria umum pemilihan media:
· Tujuan instruksional
· Validitas
· Kualitas visual
· Kualitas pendengaran
· Cirri-ciri respons
· Program yang terstruktur
· Kesesuaian dengan kehendak siswa
· Ketepatan waktu
· Karakter siswa
· Mudah diperbaiki
· Nilai praktis
· Ketersediaan
· Keuasangan
Jenis-jenis media:
1. Media gambar diam dan grafis
Termasuk dalam kelompok ini adalah grafik, chart, peta, diagram, poster, karton, komik, gambar, foto, lukisan, drawing
2. Media papan
Media papan adalah media yang menggunakan papan sebagai sarana berkomunikasi. Termasuk dalam kelompok ini adalah papan tulis, papan flannel, papan pameran, media papan temple, media papan demonstrasi, media papan magnet, media papan paku, papan kantong, papan pasak
3. Media dengan proyeksi
Termasuk dalam kelompok ini adalah still projection (slides, filmstrips, transparan, opague), micro projection, microfilm, motion pictures.
4. Real Materials
Real materials atau disebut juga benda tiga dimensi merupakan media yang menampilkan benda nyata dan orang.
5. Model
Model adalah media tiga dimensi tiruan seperti benda asli. Termasuk dalam kelompok ini adalah model irisan, model memperkecil atau memperbesar objek, model lapangan, model menyederhanakan objek yang kompleks.
6. Spesimen
Spesimen adalah objek yang menyajikan sekelompok benda yang sama. Termasuk dalam kelompok ini adalah spesimen makhluk hidup, spesimen makluh hidup yang sudah mati, spesimen dari benda tidak bernyawa.
7. Mocks-up
Mocks-up adalah suatu jenis model yang berupa aspek tertentu saja dari suatu benda asli.
8. Diorama
Diorama adalah suatu pemandangan 3D yang disatukan bersama-sama dengan sekelompok objek berupa model dan gambar-gambar dalam suatu penataan alamiah.
9. Laboratorium di sekolah
Laboratorium luar sekolah adalah suatu daerah di luar sekolah yang cocok untuk studi lingkungan.
10. Museum
Museum dimaksudkan untuk memperoleh dan mempelajari objek bersejarah.
11. Community Study
Menyediakan kehidupan real untuk belajar dengan mengerjakan sendiri.
12. Walking Trips
Menyaksikan demonstrasi dari macam-macam kegiatan pekerja-pekerja masyarakat yang ada di sekitar.
13. Field Study
Perjalanan dengan menggunakan kendaraan ke daerah-daerah yang jauh dan sunyi.
14. Dikunjungi manusia sumber
Demonstrasi atau informasi khusus dapat dibawa ke dalam kelas.
15. Sepecial learning trips
Penciptaan situasi belajar jika keuangan memungkinkan.
16. Audio recording
Rekaman suara dapat dibuat dengan menggunakan piringan hitam, pita magnetic atau pita suara.
17. Televisi
Televisi adalah untuk dapat melihat gambar dan mendengarkan suara yang berasal dari jarak jauh. Termasuk dalam kelompok ini adalah televise siaran terbuka, CCTV, VTR (Viedo Tape Recorder).
TUGAS 1 (mereview buku)
Label:
Media Pembelajaran
- Senin, 01 April 2013
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar